Kamis, 18 Juni 2020

Komponen pH Meter

SHARE


Sesudah pada artikel awalnya kita mengulas konsep kerja ph mtr., karena itu kesempatan ini akan kita ulas beberapa komponen penting dari skema ph mtr.. Satu skema pH mtr. tersusun atas beberapa elemen penting yang tidak bisa dipisah di antara satu dengan yang lain. Berikut beberapa komponen itu:

Elektrode Kaca

Elektrode kaca berperan untuk salah satunya kutub antara dua elektrode ph mtr. yang tercelup ke larutan. Pada ujung elektrode ini ada bulb yang berperan untuk tempat berlangsungnya transisi ion positif (H+). Transisi ion yang berlangsung mengakibatkan ada ketidaksamaan beda prospek antara dua elektrode, hingga pembacaan potensiometer akan membuahkan positif atau negatif. Bila larutan berbentuk netral, karena itu potensiometer tidak membaca ada ketidaksamaan prospek antara ke-2 kutub (pH=7). Sedang bila larutan berbentuk asam, karena itu prospek elektrode kaca bertambah lebih positif dibanding elektrode rujukan. Pada situasi ini, potensiometer membaca negatif yang akan disimpulkan oleh skema untuk pH

Elektrode Kaca

(Sumber)

Elektrode kaca tersusun atas ujung bulb bundar berbahan kaca yang dipasang ke satu silinder panjang dari kaca atau bahan isolator lain. Di bulb serta silinder ini berisi cairan HCl yang mempunyai nilai pH stabil = 7. HCl menyelup satu kawat elektrode kecil dengan bahan perak, yang sebab terbenang di larutan HCl karena itu pada permukaannya membuat senyawa konstan AgCl. 

Elektrode Rujukan

Elektrode rujukan berperan untuk kutub lain kecuali elektrode kaca hingga antara kedua-duanya, yang terbenang larutan spesifik, tercipta instalasi listrik. Elektrode ini dibuat mempunyai nilai prospek yang masih pada situasi larutan apa saja. Hingga arah saluran listrik yang berlangsung cuma bergantung dari semakin besar atau bisa lebih kecilnya prospek elektrode kaca pada elektrode rujukan. 

Elektrode Rujukan serta Elektrode Kombinasi dengan Elektrode Kaca

(Sumber)

Seperti juga elektrode kaca, di elektrode rujukan dipakai larutan HCl (elektrolit) yang menyelup elektrode Ag/AgCl. Pada ujung elektrode rujukan ada liquid junction berbentuk bahan keramik untuk tempat transisi ion di antara elektrolit dengan larutan terarah, transisi ion ini diperlukan untuk membuat saluran listrik hingga pengukuran potensiometer (pH mtr.) bisa dilaksanakan. Sekalinya pada liquid junction berlangsung transisi ion, ini tidak diiringi dengan reaksi kimia. Hingga pH elektrolit di elektrode rujukan akan stabil serta nilai prospek elektrode juga stabil. 

Agen Taruhan Bola Terpercaya Di Indonesi

Termometer

Sensor suhu jadi satu elemen harus pH mtr., sebab nilai pH benar-benar dikuasai oleh suhu larutan. Pada pH larutan 7 (netral), perkembangan suhu tidak punya pengaruh pada nilai itu. Tetapi bila larutan berbentuk asam atau basa, pembangunan ion benar-benar dikuasai oleh suhu. Serta sebab pembacaan pH distandardisasi pada suhu ruangan 25°C, karena itu kehadiran sensor suhu benar-benar penting untuk memperoleh pembacaan pH mtr. yang tepat. 

Sensor Suhu pH Mtr.

(Sumber)

Tiga sensor pH mtr. yang terbenang di larutan yaitu elektrode kaca, elektrode rujukan, serta sensor suhu, bisa dipadukan jadi satu elemen probe saja hingga didapat bentuk sensor pH mtr. yang semakin ringkas. 

Combined pH Electrode

(Sumber)

Amplifier

Tiap pH mtr. tetap memerlukan penguat voltase atau diketahui dengan amplifier. Voltase yang dibuat oleh dua elektrode pH mtr. begitu rendah yaitu cuma seputar 60 mV untuk tiap tingkatan nilai pH. Bila pada pH netral (=7) beda prospek antar elektrode kaca dengan rujukan sama juga dengan 0, karena itu besar voltase yang dibuat oleh kedua-duanya pada nilai pH paling rendah sampai paling tinggi (0≤pH≤14) ialah antara angka -350 mV sampai +350 mV. Supaya voltase ini bisa diolah di mikrokontroler, karena itu harus diperkokoh oleh amplifier. Untuk contoh pada salah satunya type amplifier pH mtr., amplifier ini akan menguatkan voltase jadi pada rentangan 0 sampai 14 V. Hingga bila potensiometer membaca nilai 4,5 V, karena itu pH larutan yang diukur ialah 4,5. 

pH Mtr. Amplifier

(Sumber)

Mikroprosesor

Mikroprosesor pada pH mtr. berperan untuk menterjemahkan nilai voltase yang dikirim oleh amplifier jadi nilai pH. Penghitungan kompensasi nilai suhu larutan terarah, dihitung oleh mikroprosesor ini. Mikroprosesor mengolah semua pilihan input yang ada di pH mtr.. Dari hasil pemrosesan mikroprosesor ini diperlihatkan pada monitor LCD pH mtr.. 

Skema Mikroprosesor pH Mtr.
SHARE

Author: verified_user