Kamis, 18 Juni 2020

Pengertian Cation Conductivity

SHARE




Cation conductivity ialah nilai konduktivitas listrik satu larutan, sesudah dia lakukan transisi kation pada kolom resin kation. Resin kation berperan untuk mengganti ion-ion positif yang terdapat di larutan dengan ion H+. Hingga cuma ketinggalan anion-anion terlarut seperti ion klorida, sulfat, serta asam-asam organik yang lain. Karena itu bisa disebutkan jika cation conductivity ialah daya hantar listrik larutan karena muatan anion-anion didalamnya. Oleh karenanya sebetulnya penamaan cation conductivity sedikit meleset dari tujuan aslinya, nama yang semakin pas ialah cation-exchanged conductivity atau acid conductivity.

Kecuali konduktivitas detil, cation conductivity jadi salah satunya patokan penting untuk memantau kualitas air boiler (baca artikel berikut). Bila konduktivitas detil mempunyai tujuan untuk ketahui jumlah dissolved kompak yang terdapat di di air, cation conductivity berperan untuk ketahui jumlah ion negatif yang terlarut di di air. Tetapi cation conductivity tidak bisa menghitung dengan cara detil anion tipe apakah yang terlarut itu. Karena patokan ini memakai alat ukur seperti specific conductivity mtr.. Unit yang dipakai juga siemens per mtr. (S/m).

Skema Pembacaan Cation Conductivity

(Sumber)

Pada suatu skema pembangkit listrik tenaga uap, pengukuran cation conductivity jadi satu cara penting untuk ketahui dengan cara awal ada pengotor air boiler yang banyaknya benar-benar kecil, yang tidak bisa dilaksanakan oleh alat ukur yang lain. Ini sebab pada PLTU, dipakai air demineralisasi yang tidak memiliki kandungan mineral-mineral yang umum larut di di air. Serta supaya air boiler tidak berbentuk korosif, karena itu pH air dijaga di angka 8,5 sampai 9,5 (baca artikel berikut) dengan jalan menyuntikkan ammonia (NH3) ke air boiler. Ammonia akan bereaksi dengan air untuk membuahkan ion OH– yang akan tingkatkan nilai pH air.

Agen Taruhan Bola Terpercaya Di Indonesi

NH3 + H2O → NH4+ + OH–

Pada pengukuran cation conductivity dipakai kolom resin penukar kation untuk mengganti ion-ion positif di di air contoh PLTU dengan ion H+. Kation resin ini akan mengganti ion NH4+ dengan ion H+ hingga di di air sample yang masuk untuk diukur cation-conductivity-nya telah tidak memiliki kandungan ion NH4+ serta OH– untuk hasil reaksi penyuntikan amonia di atas. Hingga hasil pembacaan cation conductivity mtr., disebabkan oleh ion-ion kecuali NH4+ serta OH– hasil penyuntikan amonia. Karena itu, ion-ion lain yang akan terarah oleh cation conductivity mtr. ialah ion-ion pengotor yang terlarut di di air boiler. 

Cation Conductivity Mtr.

(Sumber)

Sama seperti yang sudah kita ulas di atas, jika cation conductivity mtr. semakin konsentrasi menghitung anion-anion pengotor air boiler seperti ion klorida, sulfat, serta ion-ion organik yang lain. Sumber penting dari ion-ion itu datang dari air laut. Hingga bila berlangsung kebocoran sekecil apa saja pada kondenser, bisa teridentifikasi sedini kemungkinan lewat cation conductivity mtr.. Kebocoran kondenser yang berlangsung benar-benar mencelakakan beberapa komponen PLTU, sebab ion-ion yang terdapat di di air laut benar-benar berbentuk korosif serta bisa menggempur boiler dan turbin uap.

SHARE

Author: verified_user